Memilih dan Mengolah Daging Kambing

By Fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Tips memilih daging kambing: cari yg warnanya masih segar dan kenyal.

Saya sendiri kebetulan punya langganan yg memasok daging kambing dan juga kambingnya, krn saya kan terima jasa masak untuk Aqiqah. Jadi kemaren itu juga saya tinggal telpon gitu, dia yg pilihin… soale ini bisnis KKN hehehe… untuk urusan kambing saya percaya banget sama org Arab, bukan SARA ya, tapi saya tahu betul bagaimana dia memotong, membersihkan, dan memeriksakan setiap kambingnya kepada dokter hewan tercatat sebelum dipotong…

Saya biasa lho, melihat kambing dipotong sampai tetes darahnya habis dari nadinya, lalu dengan terampilnya dia menguliti hingga bersih tanpa bantuan air samsek, tapi kulitnya juga utuh (tidak sobek). Akan didapat daging yg tidak berbau tajam. Air diperlukan saat membersihkan isi perut saja. Isi perut ini juga dapat dikeluarkan sedemikian rupa tanpa mengotori dagingnya… terus terang saya kagum sekali dengan teknik memotong hewan yg sesuai syariah ini. Serba bersih.

Tips lain memasak daging kambing spy gak bau prengus adalah, didihkan air dulu baru masukkan dagingnya. Masak hingga empuk.

Jangan ketemukan daging kambing dengan air dingin.

Sering melihat org lain dengan ketrampilan khusus masing-masing ini membuat saya semakin mengerti, bahwa kita ini tidak mungkin bisa hidup sendirian.

Salam manis
fb

Advertisements
This entry was posted in Ingredients, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.