Category Archives: Ingredients

Pengetahuan bahan, product knowledge

Edamame

By Ophoeng (ophoeng at yahoo dot com) Photo by Riana Kalo cari camilan sehat, cari edamame! Pertama kali dihidangakan di resto makanan Jepang, kemudian diikuti oleh Sari Kuring juga, dihidangkan ‘edamame’ kukus yang bagus warnanya, ijo royo-royo nan merangsang… selera! … Continue reading

Posted in Articles, Ingredients

Tepung Tang Mien

By Emma Isti (cold_papeda at yahoo.com) Photo by Melanie Martinelli Tang Mien adalah memang kanji yang dalam istilah lainnya adalah starch. Starch adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak mudah larut. Starch bisa terbuat dari, biji2an, umbi akar, buah, batang pohon … Continue reading

Posted in Ingredients

Kakap Merah AsPal

By Resti Vurwarin (restiv at gmail.com) Ketika di milis rame ngobrolin Kakap Merah palsu, Resti Vurwarin yang ‘tukang ikan’ pun ngasih pencerahan gimana membedakan kakap asli dari yang palsu. Terimakasih ya Resti 🙂 Jadi kita gak ketipu lagi deeeh…. ——ed … Continue reading

Posted in Articles, Ingredients, Tips & Tricks

Memilih Udang dan Cumi-Cumi

By Resti Vurmawrin (restiv at gmail.com) Photo by sued Berikut ini adalah ciri-ciri udang dan cumi-cumi segar: Udang Pilih udang yg masih kelihatan kekar, kaki dan kulitnya tidak mudah lepas begitu pula dengan bagian kepalanya. Kalau bisa, hindari memilih udang … Continue reading

Posted in Articles, Ingredients, Tips & Tricks

Red White Meat vs White Red Meat

by Ophoeng (ophoeng at yahoo dot com) Photo by Jendo Neversil Kalau boleh, saya mau bagi-bagi dikit cerita ttg warna daging yang berbeda-beda. Saya penah baca di majalah Intisari lama banget, kalau kata pakar sih struktur daging kambing dengan daging … Continue reading

Posted in Articles, Ingredients

Menikmati Enaknya Sambal Goreng Tempoyak

By Wisnu Ali Martono (wisnuam2003 at yahoo dot com dot au) Photo by Wisnu Ali Martono and Phil’s Page Sebagai orang Jawa, rasanya agak aneh pertama kali saya mendengar nama tempoyak. Apalagi dengan “bumbu-bumbu” keterangan tentang cara pembuatan yang berlebihan, … Continue reading

Posted in Articles, Ingredients

Petis-petis Nan Sedep… Khas Nusantara

by Ophoeng (ophoeng at yahoo dot com) NCC Proud Members semuah, Hai, apakabarnya nih pada? Minggu kemaren, kayaknya saya denger gunjingan ttg petis sapi. Kalau masih boleh nimbrung, ini saya nambahi ceritanya dikiit. PETIS SAPI Boyolali, sudah lama dikenal sebagai … Continue reading

Posted in Ingredients