Monthly Archives: October 2005

Daur Ulang Makanan Sisa

Ide-ide mendaur ulang makanan sisa dari Mbak Ine dan Lia Lia: Sisa kalio/rendang dan kari/gulai (sapi, kambing, ayam) bersama kuahnya bisa direcycle jadi variasi nasi kebuli. Beras yang udah dicuci diaron dengan kuah jangkep cabikan dagingnya, tambah santan & garam … Continue reading

Posted in Tips & Tricks

Mari Memperbudak Panci Presto

Panci presto atau panci bertekanan sudah populer sejak lama. Nah, kalo alat ini nangkring di dapur anda, maka perbudaklah dia habis-habisan, supaya uang yang sudah dikeluarkan untuk menebusnya bisa terbayar lebih oleh manfaatnya! Ikuti penjelasan singkat dari Lia dan Mbak … Continue reading

Posted in Techniques

Diskusi milis: Rendang Harus Nendang!

Based on resep Rendang Nendang-nya Lia Summarized by Imelda Febriane Lia – Surabaya: Kunci keberhasilan memasak rendang, kudu TLATEN & SABAR!! Prosesnya awalnya gampang, smuanya dicemplungin jadi satu tapi begitu santan mulei kental berminyak maka kudu rela nyeret kursi ngadep … Continue reading

Posted in Ingredients, Techniques, Tips & Tricks | 2 Comments

Yuk, Bikin Ketupat!

Menganyam ketupat sendiri mengasyikkan loh! Sofi Andriyani berbaik hati untuk ngajarin cara bikinnya lewat foto-foto.. Thanks, Sofi! — red Ketupat 1, kerangka dasar: http://sematawayang.multiply.com/photos/album/19 Ketupat 2, ketupat *kupat tahu* kerangka lanjutan: http://sematawayang.multiply.com/photos/album/20 Ketupat 3, ketupat *kupat tahu* tahap pengencangan: http://sematawayang.multiply.com/photos/album/21Continue reading

Posted in Techniques

Sagu & Tapioka: Beda dong!

By: Lia Banyak yang binun & salah persepsi tentang sagu & tapioka, banyak yang mengira keduanya bahan yang sama. Aku coba menjelaskan yaa…. Sagu dibuat dari bagian tengah batang pohon sagu (masuk keluarga palm), kalo tapioka dari singkong (cassava). Secara … Continue reading

Posted in Ingredients | 2 Comments

Sekelumit Bahagia untuk Mama

Tour de Toko memang udah lama lewat. Tapi cerita mengharukan dari Melanie Sri Redjeki ini masih lekat di hati. Gak ada yang lebih berarti daripada membahagiakan orang yang kita cintai ya? Selamat membaca, mudah-mudahan bisa jadi ‘sup ayam untuk jiwa’ … Continue reading

Posted in Photos & Stories | 2 Comments

Cake untuk Nenek Tercinta

Ini cerita ulang tahun neneknya Luluk Lely Soraya. Cakenya cantik, sederhana tapi unik, mudah-mudahan berguna untuk yang lagi keabisan ide kue ultah.. Thanks, Luk. Dirimu memang selalu luar biasa..! -red Sabtu kemaren sebetulnya hari anniversary yg bersamaan jg dg ultahnya … Continue reading

Posted in Members' Creation