Summary Diskusi: Kue Mangkok

Kue Mangkok Mekar

Resep bisa dilihat di NCC-Indonesia


Kanya Jenri (meuthiasmom at yahoo.co.id)

Thanks Mbak Fat .. atas sharing resepnya .. udah lama kepengen nyoba ..

Mbak untuk cetakannya .. sebaiknya menggunakan cetakan yang terbuat dari beling atau cukup menggunakan cetakan plastik biasa aja?


fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Cetakan mangkok plastic biasa saja cukup, bentuknya seperti cucing jadul.

Tips-nya: mangkuk sebaiknya tidak dipoles minyak, atau kalapun dipoles tipiiis saja menggunakan tissue.


Verawati (verawati at danareksa.com)

Ibu, resep ini kan bolu kukus rasa tape singkong klo bolu kukus rasa kayu manis, jahe dan gula merah kira2 komposisi resepnya apa yah? Apa bisa hanya menggantikan gulapasirnya dengan gula merah dan menggantikan tape singkong dengan 1 sdt kayu manis bubuk dan 1 sdt jahe bubuk.


fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Vera,

Kue Mangkok jelas beda dengan bolu kukus. Jadi tidak benar bila kue mangkok disamakan dengan Bolu Kukus Rasa Tape Singkong. Karena kue mangkok tidak memenuhi unsure bolu, tidak ada telur dan tidak ada pengocokan adonan.

Bila menghendaki rasa gula jawa dan kayu manis.jahe bubuk, kamu bisa ganti 175gr gula pasir dengan gula palm dan beri kayu manis bubuk.jahe bubuk dalam tepung beras atau beri kayu manis batangan/ jahe geprek saat memasak air gula.


Kanya Jenri (meuthiasmom at yahoo.co.id)

Yang pertama sih mekar Mbak, tapi yang berikutnya mingkem.

Untuk cetakan .. saya menggunakan cetakan plastik dan dipanaskan dulu dan pengisian dilakukan didalam dandang.

Oh iya Mbak .. untuk air soda saya pake sprite .. nggak pengaruh kan .. dan gula yang 175 saya kurangi jadi 150 dan yang yang 75 saya kurangi jadi 50. Karena saya pikir sprite sudah manis.


fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Untuk pertama kali bikin sebaiknya JUST DO IT dulu deh Kanya, jangan merubah resep dulu samsek. Karena setiap perubahan yg dilakukan tidak serentak, selalu ada saja slewahnya. Kecuali kamu sudah bikin beberapa kali dan mau coba-coba modifikasi.

Sprite sudah benar karena saya juga menggunakan sprite.

Pesan sponsornya adalah, cetakan tidak boleh dipoles minyak atau bahan lain.!!!


Yulia Purnamawati (yulia_purnamawati107 at yahoo.com)

Hai mbk Kanya,
Ni sekedar sharing yaa..
Aku pernah ngalami kaya mbak gitu, setelah aku pikir2 ternyata karena adonan kue mangkok yang “menunggu”..kalo kelamaan menunggu bisa jadi bantet..jadi kalo aku bikin kue mangkok , tidak adonan yang menunggu. Memang kita harus cukup punya banyak cetakan dan bebrapa dandang besar..( Alhamdulillah dapet resep dari mbak fat yang cukup simpel ini..secara resep sebelumnya yang aku punya cukup membuat jantung berdebar dan luama banget buatnya)
Gitu, moga membantu.


Dwi Amalia (dwia at danareksa.com)

Ada beberapa yang ingin saya tanyakan :

  1. Apakah cara pengukusannya diberlakukan sama dengan bolkus? (diberi jarak antara cetakan yang satu dengan yang lain)
  2. Perlu berapa lamakah untuk memanaskan cetakan kue mangkok tersebut?
  3. Bolehkah saya menggunakan api yang besar saat pengukusannya ?
  4. Tahap pengukusan pertama saya sdh mencoba mengukus + 20 menit tapi hasilnya tidak tertawa, lalu untuk pengukusan kedua saya tambah waktunya menjadi 30 menit tapi sama hasilnya masih sama juga, dan terakhir dengan “H2C” saya tambahkan waktunya lagi menjadi 1 jam lagi2 hasilnya tetap samaL…..kira2 adakah tips2nya agar kue mangkok saya bisa tertawa..jika ada saya mau donk..please…
  5. Saya menggunakan cetakan kue mangkok dari plastik, apakah ini pengaruhnya?

fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id)

Membuat kue mangkok resep tersebut adalah cara paling praktis yang saya temukan. Karena sebelumnya persis yang dikatakan Yulia dari Batam, resep kue mangkok selalu membuat orang enggan mencobanya karena bahan dan caranya yang “khusus”. Resep tersebut adalah Materi kelas saya di Arumanis yang sengaja saya share disini (demi cintaku pada NCC🙂 )supaya para member pada pinter-pinter juga.

Tips saktinya adalah sbb :

  • gunakan tape yang lembek
  • campur adonan segera
  • cetakan DILARANG dipoles minyak atau apapun
  • panaskan cetakan terlebih dahulu
  • gunakan kukusan yg sudah beruap banyak
  • jangan bula kukusan sebelum 20 menit.

Lakukan semua step dengan benar, demikian pula saat menuang air gula mendidih dengan tepung terigu, tak perlu nunggu dingin dulu, langsung saja campur dengan adonan lain. Pada dasarnya saat membuat kita hanya membuat 3 adonan yaitu :

  1. adonan tape dan gula
  2. adonan tepung beras dan air dingin
  3. adonan tepung terigu dan air mendidih.

Satukan segera ketiga adonan ini, baru tambahkan BP dan air soda (sprite misalnya). Saring terakhir, spy kue mangkok lebih mulus.

Sementara mengerjakan pekerjaan persiapan, panaskan dandang bersama cetakan, sehingga saat adonan siap, anda tinggal tuang-tuang saja.

Aich, sedih deh kalau pada gagal membuat kue mangkok ini. Sejatinya mudah sekali lho, dibuat ukuran mungil sekalipun tetap mekar.

Oh ya, cetakan plastic ya nggak masyalah, saya juga pake cetakan plastic koq. Selain itu, anda juga bisa gunakan cetakan bolu kukus yg diberi kertas spt foto diatas sy buat ukuran kecil.

Nah, jangan sedih yaa……ayo dicoba lagi deh, oke ?!

Salam manis

fb

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.