Membuat Kaldu Ikan yang Bening

by Resti Vurwarin (restiv at gmail.com)

Setelah baca2 postingan mengenai sup ikan yongkee di batam, …hhhhh jadi kangen sama batam. dulu ke batam tahun 2003, lagi hamil 8 bulan dan sempat ditanyai bolak balik sama petugas bandara gara2 masih nekat naik pesawat.

Rupanya temen2 penasaran sama beningnya kuah sup dan daging ikan yg kenyal dan putih?

Untuk bikin kuah yang bening dan berbau enak, didihkan dulu air. Setelah air mendidih, masukan kepala tenggiri, tulang ikan atau kulit ikan/udang. Memasukan bahan2 ikan sebelum api mendidih akan mebuat kaldu berbau amis. Kemudian masak dengan api kecil. Saya sendiri terbiasa membiarkan bahan2 tersebut direbus sampai air rebusan berkurang hingga1/2nya, setelah itu disaring.

Kenapa mesti api kecil? Karena api yg besar akan membuat air kaldu menjadi keruh. Prosesnya memang menjadi cukup lama.

Ingat ya, selalu pilih ikan yang masih segar untuk bahan kaldu. Dagingnya masih kenyal, ga benyek. Kalo ikannya udah benyek, kaldu yg dibuat, baunya ga bakalan enak.

Daging ikan yg putih, tergantung jenis ikannya. Melihat tekstur putihnya, ada kemungkinan Yongkee memakai ikan kakap merah/putih, cucut. Atau bisa juga ikan mata besar. Yang penting segar dan daging ikan dimasukan setelah kuah sup yg diberi bumbu mendidih. Cukup masak sebentar saja karena ikan cepat matang. Apalagi kalo memasak daging cumi, jangan lebih dari 5 menit, kalo terlalu lama malah jadi keras dan ga juicy lagi.

Saya paling suka kaldu ikan dari tenggiri, udang dan kepala kakap. Wanginya itu lo…

Mudah2an berguna.

resti
ada yang mau kirim sup yongkee buatku?

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.