Putih Telur yang Lembut

Text by Ita Widodo (itakustina at gmail.com)
Photo from About.com – How To Make Great Meringue

Ternyata ya.. Putih telur enggak beda dengan manusia, jika seorang anak dididik dengan kelembutan dan penuh sayang, dia akan jadi pribadi yang ajeg dan stabil.

Nah aku baru ngeh dan bener2 paham, putih telur pun begitu, jika dia dikocok langsung dengan kecepatan tinggi, emang dia cepet banget ngembang, tetapi hasilnya, dia akan mudah mencair kembali, dan yang parah susah banget ditangani saat dicampur dengan adonan lain, akibatnya kue pun jadi bantat.

Jadi cara yang paling tepat mengocok putih telur, adalah dengan kecepatan paling rendah, memang dia akan lama menjadi kaku, tetapi dia akan lebih stabil, dan saat putih telur mulai berbusa tambahkan gula sedikit demi sedikit, kocok terus sampai putih telur membentuk kuncup2, tetapi waktu mixer diangkat dia tidak tersisa di kocokan mixer.

Hasilnya, putih telur terasa kental dan lembut (tidak terlalu kaku). Dia akan mudah saat dicampur dengan adonan kuning telur, atau adonan keju (untuk JCC) … dan campuran akan stabil dan homogen. Hasilnya kue akan lebih cantik, teksturnya pun akan lebih rata.

Ada cerita lucu, 4 tahun lalu saat aku mulai bikin Cheese cake, aku selalu sukses, kemudian entah mengapa mulai tahun lalu aku selalu gagal, kue tekturnya tidak merata, dan selalu bantat, sampai aku delegasikan setiap pesanan Cheese cake kepada Agus…. dan Si Agus pun sempat frustasi, karena diapun sering gagal.

Sampai akhirnya aku menggunakan metoda di atas dalam pengocokan putih telur… dan Alhamdulillah, cheese cake-ku kembali cantik dengan tekstur yang rata.

Selidik punya selidik, 4 tahun lalu aku pakai mixer phillipku yang aku beli tahun 98 .. yang putarannya dah mulai lambat, sehingga pada saat mengocok dengan kecepatan tinggi, tetep aja dia mah lambat… hehehe…. dan tahun kemarin aku ganti mixer baru, jadilah si Putih telur yang aku kocok dengan kecepatan tinggi jadi bandel. [ita]

Related Articles:

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.