Kopyor Sintetis

by Lia
Photo by Tabloid Nova

Puasa gini, palagi cuaca musim panasssss, Es Kopyor Imitasi seringkali jadi favorit berbuka puasa.

Aku share bebrapa tips versi daku:

  • Jangan pake bahan cair terlalu banyak biar hasilnya lebih cantik dan gak gampang letoy karena si “kopyor” kan slalu terendam air. Patokanku, 300ml untuk 1 sachet agar.
  • Pake santan kental plus sejumput garam untuk mendapatkan efek gurih khas kelapa. Gula pasir dikit ajah 1-2sdm per sachet agar, karena rasa khas “kopyor” adalah gurih, bukan manis kayak puding🙂 Tar manisnya dapet dari kuah sirupnya kan…
  • Santan diperas menggunakan air kelapa, “kopyor” akan terasa lebih legit dan teksturnya rada berbutir khas kopyor. Inget, air kelapa udah manis, kurangi takaran gulanya.
  • Bisa ditambahkan sedikit esens kopyor kedalam adonan agar untuk menegaskan aroma kopyor.
  • Kuahnya lebih segar kalo pake air kelapa.
  • Masukkan serpihan “kopyor“ saat akan disajikan ajah. Jangan terlalu lama merendam “kopyor“ dalam kuah sirupnya karena “kopyor“ akan menyerap warna sirup sementara rasa gurihnya luntur ke kuah, mengakibatkan “kopyor“ selain jadi warna pinkish juga brasa hambar, gurihnya berkurang.
  • Selain sirup cocopandan, pake sirup frambozen/raspberry juga enaaaaak deh… mengingatkanku pada es kopyor jadul, saat cocopandan belum favorit & belum ngetren (btw bener yak kalo frambozen tuh basa belandanya raspberry? Soale kalo liat gambar frambozen, plus rasa & aromanya mirip pol ama raspberry).

Ini resep Es Kopyor andalanku:

Es Kopyor Sintetis
by Lia

Bahan:
7 gr agar-agar putih >> 1 sachet
300 ml santan kental >> dari kelapa yang diperas pake air kelapa
1 lembar pandan dan sedikit garam
Es batu (potongan besar/utuh)
800 ml air kelapa ato secukupnya, untuk kuah
Sirop cocopandan secukupnya

Cara:

  1. Rebus agar-agar, pandan, santan dan garam dengan api kecil sampai mendidih, angkat & aduk2 bentar sampe uap panasnya abis.
  2. Siapin es batu dalam baskom besar, tuangkan pelan adonan agar satu sendok demi satu sendok diatas es batu hingga membentuk lembaran yang langsung beku dan meluncur ke dasar baskom, lakukan sampai agar-agar habis.
  3. Dalam gelas tinggi, beri sirop cocopandan, serpihan agar-agar dan tuangi air kelapa serta diberi crushed ice.

Suegeeerr…..

Tips:
Bisa disajikan bareng biji selasih biar lebih cantik

(Lia)

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.