Birthday Ice Cream Cake? Siapa takut …?

By Ita Kustina (itakustina at gmail.com)

Aku tertarik membuat Ice Cream Cake sejak melihat Ice Cream Cakenya Ipon… dan Ipon mengajari aku dengan telaten, step by step lewat e-mail (Makasih Ipon sayang …)

Ternyata membuat Ice Cream cake itu tidak sesulit yang aku bayangkan semula, hanya perlu kesabaran, karena udara jakarta yang panas, sehingga mememerlukan lama untuk Ice Cream keluar masuk kulkas…

Tetapi hasil-nya, sungguh cantik, sepertinya halnya BDCK pada umumnya.

Semua orang yang melihat pasti akan berseru “Ini Ice Cream ??? Aih aku pikir cake, cantiknya…”

Ice Cream Cake, bisa dihias, dengan berbagai macam ragam hiasan, mulai Edible, Mawar yang cantik, Boneka, dan Ganache (tapi ini agak sulit), cokelat siram dan berbagai hiasan lainnya.

Ini ya Trip Tik menghias Ice Cream cake:

  1. Buat Ice Cream Cake, sehari sebelumnya, yakinkan Ice cream sudah benar-benar keras.
  2. Buat Hiasan bunga : Mawar, Daisy, dan bunga lain, dari whipping cream yang baru di kocok, Whipping cream yang di simpan dalam kulkas akan cenderung mencair sehingga sulit waktu membiuat bunga.
  3. Lapisi Ice Cream cake dengan Whipping Cream yang baru dikocok kaku. kemudian simpan dulu dalam Frezeer supaya Ice Cream tidak meleleh.
  4. Hiasan untuk Ice cream bisa berbagai macam, Rupple, kerang, dsbnya segala macam border bisa digunakan.
  5. Hias kue dengan cepat tetapi tetap cantik.
  6. Dianjurkan dilakukan di ruang ber AC, atau pada malam hari. Tetapi jika memang hanya punya waktu siang, tidak masalah, asala jangan bosen, mengeluar masukkan Ice cream cake dalam Freezer.
  7. Jika Ice Cream hendak mengunakan Ganache, siram Ice Cream dengan Gancahe yang hangat, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin … dan siram dengan cepat,… langsung masukan Freezer. Jika hendar ditabur kacang, tabur segera saat Ganache belum mengeras. Setelah agak mengeras, hias dengan Border Ganache, dan taburi bordernya dengan kacang Cincang.
  8. Jika hendak disiram dengan cokelat, gunakan cokelat coating. Tambahkan 4 sendok makan minyak salad untuk setiap 225 gram cokelat, dan 2 sendok sirop kuning agar Cokelat tidak mengeras saat disiramkan di atas Ice Cream cake. Dan siram Ice Cream saat Ice cream benar2 sudah mengeras dengan cokelat yang agak dingin tetapi masih cair. Kekurangan Ice cream yang disiram dengan cokelat adalah, akan sulit memotong Ice Cream, karena cokelat mengeras kalau di taruh di dalam Freezer.

Selamat Mencoba … dan jangan takuuuuut, Ice Cream pasti Cantik dan Indah …..

This entry was posted in Techniques, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.

One Response to Birthday Ice Cream Cake? Siapa takut …?

  1. Pingback: bitacle.org

Comments are closed.