Menyusun Menu

by Fatmah Bahalwan

Menu, adalah kata kunci dalam penyajian hidangan rumah ataupun pesta. Menyusun menu meski sekilas terlihat mudah, akan tetapi sering membuat seseorang kehilangan ide.

Kiat menyusun menu yang baik dimulai dengan menghindari hal-hal sebagai berikut:

  1. mengulang bahan dasar yang sama
  2. mengulang cara masak yang sama
  3. mengulang warna masakan yang sama
  4. mengulang rasa masakan yang sama
  5. mengulang bentuk yang sama
  6. mengulang kekentalan yg sama

Bila dalam sajian prasmanan anda menyajikan Nasi Goreng Sosis, maka hindarkan menghadirkan Sup Sosis juga. Demikian pula, bila sudah disajikan Semur daging, maka hindari menyajikan Ayam Goreng Mentega. Kedua masakan terakhir ini sama-sama menggunakan kecap sebagai bahan yang dominan. Demikian juga apabila anda menyajikan Tengiri masak kuning, jangan menyajikan masakan dengan warna sama, misal Ayam Opor Kuning.

Contoh susunan berikut, bisa dijadikan acuan menu prasmanan dirumah maupun di tempat pesta:

Nasi Putih
Nasi Goreng
Sup
Masakan Ayam
Masakan Daging
Masakan Ikan
Salad / sayuran
Kerupuk
Buah
Soft Drink / Fruit Juice
Air mineral
Snack mini / Jajan Pasar

Mulailah menyusun jenis makanan dari setiap jenis menu, misalnya Jenis Masakan Ayam/Unggas: buat daftar masakan apa saja yang anda bisa sajikan. Kemudian buat juga daftar masakan dengan jenis bahan lain, seperti daging, ikan, sayuran dan lain-lain. Dengan demikian, ketika customer mendiskusikan menu yg dibutuhkan, dengan mudah anda dapat memberikan panduan.

Pekerjaan membuat daftar masakan, kue dan lain-lain ini kelihatannya sederhana. Akan tetapi bila dikerjakan dengan seksama, suatu saat anda akan merasakan manfaatnya.

Menu harus dirancang sesuai keinginan tamu atau klien, bukan disesuaikan dengan keinginan anda sendiri. Mengenali selera klien menjadi suatu kewajiban bagi anda sebagai penyedia jasa catering ataupun sekedar masak untuk keluarga.(fb)

This entry was posted in Articles, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.