NCCers Yogya Ngumpul!

Di sela-sela riuh rendahnya TdT Suroboyo yang baru lalu, terselip sebuah acara kumpul kecil NCCers Jogja! Simak laporannya, diceritain oleh Aan. —red

NCC Jogja

by Aan (aan.iswanti at gmail.com)

Akhirnya kemaren kita yg di jogja jadi ngumpul2. walopun cuma ber-5, Mbak Dewi, Mbak Rhien, Mbak Yuni, Maya & aku. (Mbak Hadijah di Solo gak bisa ikut krn putranya sakit -udah sembuh kan sekarang Mbak? & Mbak Indah Juli, sepertinya belum sampai di Jogja) tp rameenya & suasananya itu lho yg bikin kita semua terkesan, akrab bgt, serasa udah kenal bertahun2.

Mbak Dewi datang pertama, tepat jam 9. Sekitar 15 menit kemudian datang Mbak Yuni & Wisya, putrinya. Begitu datang, Mbak Yuni langsung ‘curhat’ ttg cake yg selalu bantat. Malam sebelumnya, Mbak Yuni sengaja buat cake (yg selama ini sll bantat kalo buat) yang akan ditunjukkan ke suhu yg baru dtg ke Jogja? Akhirnya, krn pengen liat anak didiknya jd lebih pinter, pagi itu Sang Suhu langsung berinisiatif utk mendemokan buat sponge cake. Waduh, maaf banget ya Mbak Dewi, kalo utk sesi yg 1 ini terkesan tanpa persiapan, abis di luar rencana, termasuk telur yg kebetulan di rumah tinggal 3 & oven pinjaman…hehehe… & lucunya lg, kok ya kebetulan toko2 di sekitar rumah jg kehabisan telur, katanya pasokan yang blm datang, untunglah akhirnya bias diatasi, setelah nemu toko yg masih punya persediaan telur.

    

Saat Sang Suhu mendemokan sponge cake, yg mungkin menurut temen2 amat sangat mudahnya, tp kita udah berkali2 berdecak & geleng2 kepala, abis ternyata selama ini kita buat banyak banget salahnya, mulai dr cara ngaduk adonan, mencairkan margarin sampai peralatan yg digunakan, spatula yg harusnya berbahan karet, tempat adonan yg lengkung, jangan persegi, dll… hwuaaaa…pokoke banyak banget ilmu yg kita dapat dr situ…

Sambil nunggu cake matang, kita langsung siap2 utk pelajaran cake dekor. o ya, saat itu maya & Mbak Rhien (dgn Farrel & adik Mbak Rhien) jg udah datang . Kita coba dulu buat butter cream lg, krn penasaran pengen coba buat bc dgn mentega yg kita ragukan ke’import’annya (abis, kita bilang beli yg import, tp dikasihnya kayaknya bukan, harga & kualitasnya beda jauh dgn yg udah kubeli hari sebelumnya utk buat bc Holman – makasih Mbak Bettie Holman-nya, manfaat bgt lho…). Disini ada kejadian ‘memalukan’ lg, aku yg bertugas buat simple syrup kebalik komposisinya, yg harusnya gula:air = 2:1, aku kebalik, jadinya encer bgt (pasti nih, sang suhu geleng2 kepala, buat yg paling simple aja salah… hehehe… ampun Mbak Dewi, besok2 nggak akan lg deh, mesti selalu ingat yang 1 ini…).

    

  

Setelah itu, semua bc kita campur (bc Holman, bc yg kubuat dr mentega putih+SKM & bc yg barusan dibuat dr mentega putih+simple syrup) & kita mulai diajari macam2 bentuk dr berbagai macam spuit wilton yang Mbak Dewi bawa (punya kita semua gak representatif, abis gede2 banget & gak bagus..hehehe.. nyesel bgt aku kemaren gak ikutan nitip Mbak Dewi pas tdt ke Sby, tak pikir di Sby fokusnya loyang2 doang, ternyata ada jg ya…).

Kecuali Mbak Rhien, yang jg dah jago cake dekor, kita ber3, baru saat itu kenalan ama spuit, jd bisa dibayangkan bagaimana kakunya tangan kita pegang spuit..hehehe… untung bu gurunya sabaaaarrr banget (makasih ya Mbak Dewi, maafin kalo murid2nya bandel2 & masih pemulaaaaa banget… tp kita janji, mau latihan terus kok, biar bu guru gak malu punya murid kita…). Saat liat tangan Mbak Dewi buat contoh berbagai macam bentuk, rasanya gak susah, tp begitu pegang sendiri…hwuaaa… buat bentuk bintang, yg paling dasar aja, gak lulus2..hehehe… sampai2 Mbak Dewi bilang, kalo udah bosen, coba bentuk lainnya.. itu kan krn baiknya bu guru aja, kita dilulusin ke bentuk selanjutnya, pdhal sebenernya bentuk2 yg tadi belum bener..hehehe…

Setelah lama belajar buat macem2 bentuk di papan latihan, kita masuk ke tahap menghias cake beneran. Bigung lg nih, krn semua ngerasa gak punya ide (sebelumnya gak siapin berbagai macam contekan sih…). Akhirnya hasil akhirnya, kayak yg terlihat di foto. Walopun bagi temen2 yang lain, hasil karya kita masih sederhana bgt, tp kita dah seneng bgt bisa buat itu. Bener2 seneng banget bisa dapet banyak ilmu dari Mbak Dewi & dari temen2 lainnya jg…

Mbak Dewi, jangan kapok ya, kalo ke jogja lg kita repotin terus (apalagi ternyata rumahku & rumah mertua Mbak Dewi deket bgt, cuma tetangga kampung, jalan kaki jg nyampe, bakalan sering maen deh, kalo Mbak Dewi ke Jogja..).

Akhirnya jam 5 sore Mbak Dewi dijemput & kita masih nyelesaiin bentar lagi dekor kita, sampai hampir jam 6 (bener2 gak terasa nih, saking asyiknya belajar bareng2…hehehe…).

Hasil karya kita seperti terlihat di foto. dari baris atas, kiri ke kanan : buatan aan, maya, baris bawah: Mbak Yuni, Mbak Rhien & cake dekor contoh dr Suhu kita (maklum ya, kalo sekitarnya masih berantakan bgt, tergesa2 bgt tuh motretnya, keburu malem).

Waduh… udah panjang bgt nih ceritanya, maaf ya kalo kepanjangan, saking senengnya dapat kesempatan yg sangat langka ini, bisa dapat banyak ilmu dari suhu kita .

Makasih, makasih banget buat Mbak Dewi, buat temen2 NCCers Jogja & terutama bgt buat NCC.. hiks, jd terharu bgt, suatu keajaiban yg luar biasa bisa gabung dgn NCC., pokoknya gak terkatakan deh…

Utk foto2 lainnya, termasuk foto kita2, ntar biar yg lainnya yg posting, yg di kameraku gelap (& kita2 dah lecek2 bgt, abis fotonya dah terakhir2, sebelum2nya lupaa, terlalu asyik dgn aktivitas kita..hehehe..). (Aan)

This entry was posted in Photos & Stories. Bookmark the permalink.