Berlatih menjadi penulis bersama KCM

Source: berbagai sumber
Photo by Wisnu & Rurry Ambar

Perkembangan mailinglist kuliner naturalcookingclub@yahoogroups.com atau NCC yang didirikan oleh pasangan Fatmah Bahalwan dan Wisnu Martono semakin hebat. Selain suka masak dan suka makan, member NCC yang sudah mencapai 2000 orang ini mendapat kesempatan untuk memperoleh pelatihan Jurnalisme dari Kompas Cyber Media (KCM). Sebagai langkah awal kerjasama NCC-KCM dan berkaitan pula dengan Gramedia Fair, KCM memberi kesempatan dan sangat terbatas pada member NCC untuk mengikuti pelatihan Jurnalisme Online.

kcm

kcm2


Begitu diumumkan di milis bahwa para member akan mendapat kesempatan ini, lasung deh pada daftar. Waktu pelatihan yang ditawarkan oleh KCM adalah pada hari Kamis (4 Mei 2006)- jam 17-19, Sabtu (6 Mei 2006) jam 10-12, bertempat di Istora Senayan dengan peserta maksimal Peserta 6 orang/hari.Kerjasama yang bagus ini sangat bermanfaat sekali, karena beberapa member NCC pun sudah mulai belajar menulis dengan mulai membangun blog untuk kegiatan dapur masih-masing.
Setelah mengikuti pelatihan Jurnalisme bersama KCM ini kita jadi tahu, gimana sih mencari judul yang nendang, dan bagaimana menbuat orang mau membaca tulisan kita.

Bagi sebagian besar orang, menulis itu rasanya sebuah kegiatan yang sangat sulit. Kesulitan bagi penulis pemula, biasanya terjadi pada saat akan memulai. Untuk mereka yang belum ada kesempatan mengikuti pelatihan kemarin, berikut adalah intisari rahasia penulisan.

1. Usahakan judul tidak lebih dari 6 kata.
2. Alinea pertama sedapat mungkin sudah “mengarahkan” pembaca ke masalah yang akan dibahas.
3. Agar tidak “lepas kendali”, ingat aturan 5W 1 H
What, where, when, why, whose dan How.

Percayalah, kalau 1,2,3 di atas diikuti, menulis itu mudah.

“Setelah itu masing-masing disuruh membuat judul, untuk tulisan yang akan membahas masakan ini. Di sini serunya. Masing-masing berimajinasi dengan judul. Lalu, masing-masing di suruh milih, judul siapa yang menurutnya paling bagus. Nha, di sini ilmunya. Lalu diterangkan seluk beluk pemilihan judul. Lalu dilanjut dengan penulisan. Disambung dengan diskusi isi tulisan yang bagus dst…” kata Wisnu, salah satu pendiri NCC

“Pokoknya, para member milis sebenarnya sudah punya basis menulis. Pelatihan itu diperlukan untuk memoles keahlian dasar itu sehingga menjadi “layak baca” buat orang luar” kata Wisnu selesai mengikuti pelatihan ini.
Berhubung sebentar lagi kita punya web di Kompas Online dan Indosiar, “don’t leave home without a piece of paper and a digicam”, 🙂 .Pokoknya mesti jadi wartawan dadakan. Pulang dari pasar tidak cuma dapat belanjaan, tapi juga reportase.
Bahkan pergi ke pasar yang hari-hari kita datangi pun sekarang usahakan agak jeli mengamati suasana, memotret kalau perlu. Sebab, kalau hanya artikel tanpa foto, rasanya tulisan jadi kurang afdol. Seperti salah satu member kita, Lia Surabaya, bagus sekali laporan Pasar tradisionalnya.

latihan 6 mei 2006

saat latihan

Ada info penting juga nih, di bulan Juni mendatang akan ada Pameran Hari Pers Nasional di JHCC. Pada kesempatan ini akan diadakan lagi Pelatihan Jurnalisme , dan NCC akan diundang lagi. So, buat yang belum sempat ikutan kali ini, silahkan siap-siap ikut.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.