Kue 48

Click on image for bigger view
Kue 48-nya Peni

by: Peni Respati

Dear suhus & NCCers,

mau laporan, ini sejarah bagiku karena ini cake terbesar yang pernah kubuat, biasanya nggak lebih dari 24cm… ;))

Ceritanya boss suami berultah, gambarannya beliau adalah seorang capt pilot yg punya hobi main golf… punya ide bikinin BDCK angka, dengan décor landasan pesawat & lapangan glof… hmm…ide kok borongan gini, bisa gak ya? modal yg dipunyai baru kursus fondant, kursus butter cake baru nanti tgl 25 maret…hiks…. wis cuek aja, yg penting niat dulu….

Landasan pesawat kayaknya jalan aja gitu yah, tapi gimana ya bikin lap golf? Akhirnya aku browse sana sini, cari2 gambar cake dengan décor lapangan golf..yah… maklum boro2 main golf, pegang stik golf aja belom pernah! hihihiii

Siap2 pada hari H [pembuatan], baru inget kalo gak punya spuit yang okeh. So jumat siang pas jam istirahat kantor, naik angkot ke TBK yg deket2 kantor, pilihan jatuh ke toko mira & gutenbraun di jl. hasyim ashari –tks to mbak anti yg udah nemenin-

Semuanya dimulai Jumat sepulang kantor, pertama menyiapkan pembuatan cake. Untuk angka 4 saya ambil ganache cake dari blog mbak endah [makasih to mbak endah], trus untuk angka 8 saya mencontek resep orange cake di blog mbak luluk [makasih ya mbak luluk!]. Jujur, semua cake ini baru pertama aku uji coba, dan ternyata memang patut diulang lagi karena uenak rasanya.

pembuatan jadi lama, karena masih ngitung bikin berapa resep, loyang yang mana, dll. Finally, chocolate cake dibuat 3 resep jadi 2 loyang 40 x 35, dan orange cake 1,5 resep jadi 2 loyang bulat Ø 20cm. Filling chocolate cake aku pake campuran DCC dan whip cream.

Alhamdulillah pembuatan, pemanggangan berlangsung dengan sukses, gak ada acara bantet, tapi sedikit bagian cake coklatnya gosong, tapi nggak pa pa sih bisa dibuang, tapi ….bener deh….ribeeet… ;(

Setelah cake dingin, siap2 deh, melapisi filling [dua2nya cake pake lapisan ditengah], membuat pola dan membentuk angka sesuai usia sang boss; 48, lalu menata di tripleks waah…rupanya tripleks kekecilan! ya udahlah, itu kue saya paksa2 aja masuk… Lalu mulailah memberi warna butter cream bikinan sendiri yg udah dibuat sehari sebelumnya; campuran mentega putih, margarine, SKM & susu bubuk. Baru sadar, ternyata melapisi cake dengan butter cream itu syusyah ya hiks, bener2 harus sabaar…biar bisa rapih. Berhubung waktu udah bukan malem lagi, tapi udah dini hari [jam satu] setelah cake tertutupi BC akhirnya saya istirahat dulu.

Pagi hari, sabtu, start jam 6 saya mulai lagi, pertama ‘ngerjain’ angka 8 dulu untuk jadi lapangan golf, lalu membuat bendera hole in one, dan satu bola golf serta batu2an dari fondant. Lalu terpakailah spuit bintang untuk pohon2an, dan buttercream warna biru untuk sungai, tango vanilla wafer untuk pasir putih, dan tango chocolate wafer untuk tanah.

Setelah kelihatan bentuk …wah semangat 45 deh…pikir2…cantik juga…wuiih ge er dah ;)) berikutnya, giliran ‘ngerjain’ angka 4, rencana ingin dijadikan landasan pesawat sesuai profesi sang bos, akhirnya jadi juga tuh landasan dari fondant, tapi waktu udah mepet banget! Sedang suami tuuh udah resah, siap berangkat sesuai jadwal jam 10, padahal tower pengawas belum dibikin & pesawat mini belum dipasang..…eh…tuh kue udah diangkut! Ya udah…pasrah.. Untung sempet difoto dulu buat laporan…

Alhamdulillah, aku merasa puas banget, walo capek tapi seneng bisa membuat bahagia orang lain dengan hasil karya kita sendiri, sungguh, rasanya nggak mungkin ini bisa terjadi klo aku bukan member NCC.

Makasih NCC, juga para suhu atas share resepnya…..foto saya sertakan, mudah2an gak kegedean, aku niih masih takut dilempar centhong ;)) gak bisa ngeles soalnya.. ^_^

Wassalam,

~peni~

This entry was posted in Members' Creation. Bookmark the permalink.