Beberapa Istilah

by: Fatmah Bahalwan

FLAMBE (e-nya dicoret atas spt bunyi tempe)
Teknik memasak dengan cara memercikkan alkohol (Brandy atau Rhum) pada permukaan wajan atau langsung pada makanan hingga alkohol habis terbakar dan api menyambar masuk serta menyala dimakanan. Hidangan terkenal yg menggunakan teknik ini misalnya Fruit Flambe; Cherry Jubilee, atau Crepes Suzette.

AU GRATIN
Teknik memanggang dengan menggunakan api atas. Teknik ini selain digunakan untuk langsung mematangkan makanan, bisa juga untuk memanggang sebentar saus putih yang disiram diatas permukaan makanan hingga berwarna kecoklatan. Salah satunya yang terkenal adalah Potato Au Gratin.

AU BAIN MARIE
Memasak makanan dengan media air sebagai perantara sehingga makanan tidak langsung kontak dengan sumber panas. Biasa dikenal dengan istilah tim. seperti saat memasak cheese cake atau pudding karamel.

BEURRE MANIE
Istilah Prancis untuk adonan yang dibuat dari campuran tepung terigu dan mentega. Biasanya digunakan untuk mengentalkan saus.

BRULEE
Istilah untuk jenis hidangan yang pemukaan atasnya ditaburi gula yang dipanggang hingga gula meleleh dan membentuk karamel. Creme Brulee adalah salah satu contohnya yang paling populer.

SAUTEE
artinya menumis, yaitu memasak makanan dengan sedikit minyak. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, masak bahan makanan dalam jumlah sedikit dengan api sedang.

semoga bermanfaat yach !

salam manis,

Fatmah

This entry was posted in Techniques. Bookmark the permalink.