Tahu Bebas Formalin a la Arlis

By: Arlis Kurniawan

Setelah seminggu cari waktu yang senggang, akhirnya terlaksana juga bikin tahu.

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • kedelai kering 400g,
  • jeruk lemon 3 buah,
  • air secukupnya,
  • cuka dicampur air dengan perbandingan cuka 1, air 4 bagian (dipakai bila perlu aja),
  • cinta

Sebenarnya saya ngga ingin pakai cuka, tapi karena perasan jeruk ternyata sedikit sekali, dengan 3 buah cuma dapat seperempat gelas, maka ditambahi cuka. Nanti lagi kalo bikin banyakan deh jeruknya.

Caranya:

  1. Pertama kali yang dilakukan, cuci kedelai, lalu rendam dengan air kira-kira 2 jam. Selama itu, kedelai bunyi (seperti dilempar centong… pletak!!!!…. hehehe). Selama nungguin, peras jeruk lemon hingga didapatkan sebanyak mungkin airnya, ditampung di gelas.
  2. Setelah kira-kira 2 jam, kedelai yang direndam ditiriskan airnya. Kedelai tsb jadi memanjang yang tadinya bulat-bulat. Lalu dimasukkan ke blender dan dicampur air dengan perbandingan 1 gelas kedelai 2 gelas air. Air yang dipakai air mentah dari sumur. Kemudian blender sampai jadi juice kedelai, sampai semuanya habis, masukkan ke panci. Lalu direbus hingga mendidih dengan api besar, sambil diaduk merata. Tidak perlu diperhatikan arah mengaduknya.
    Begitu pertama mendidih, kecilkan apinya dengan terus diaduk, sampai mendidih lagi hingga kira-kira selama 10 menit.
  3. Bubur kedelai lalu dituang ke panci kedua dengan disaring memakai celana… oops… maksudnya yang nyaring pakai celana. Maaf, yang bener menyaringnya dengan kain yang bersih. Sehingga terkumpul susu kedelai di panci kedua. Sebisa mungkin dikumpulkan sebanyak-banyaknya, kalau perlu diperas. Ini yang lama nih, habis panas sekali.
  4. Lalu susu kedelai di panci kedua dididihkan lagi, setelah ditambahkan air satu gelas, dengan api kecil saja, sambil dicampur perasan jeruk sedikit-sedikit dan diaduk. Mengaduknya bebas aja.
    Begitu pertama mendidih, tuangkan lagi air jeruk sampai habis, bila perlu tambahkan cuka+air, saya pakai cuka sedikit, karena perasan jeruk dapatnya sedikit. Seharusnya sudah keluar gumpalan-gumpalan tahu disini. Tahan mendidih jangan lama-lama, lalu matikan apinya.
    Tutup panci, kira-kira 5-10 menit.
  5. Saring gumpalan-gumpalan tahu tsb dengan kain yang bersih, hingga terpisah dari airnya. Sisihkan gumpalan-gumpalan tahu, lalu lipat kain, dan dibebani. Tunggu sampai dingin.

Begitu deh, laporan selesai. [Arlis Kurniawan]

This entry was posted in Back to Nature. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tahu Bebas Formalin a la Arlis

  1. Annie says:

    Thanks berat resepnya mbak Arlis…Kalau bikin tahu kuning gimana ya caranya? Apa tinggal dicampur kunyit?

  2. Jiah says:

    Mbak Arlis, kira2 jadinya berapa banyak dan tahan disimpan di kulkas berapa hari? Aduh, saya senang sekali tahu cara buat tahu. Trims, mbak

Comments are closed.