Gelatin

By: Irma

Gelatin dan agar2 hampir serupa tapi tak sama. Keduanya membentuk lapisan jelly pada saat mengeras dan keduanya bisa saling menggantikan tapi tergantung penggunaannya. Bisa saling menggantikan bila dipakai sbg pelapis kue atau lainnya.. umm utk apa lagi ya?? Untuk membuat puding juga bisa.

Tidak bisa saling menggantikan bila fungsinya sebagai pengikat, karena tekstur gelatin cenderung lebih lentur dan jiggle dibanding agar-agar. Selain itu agar2 lebih berair.

Gelatin merupakan hasil ekstraksi tulang dan kulit hewan, bahan baku yg sering dipakai adalah sapi, babi, ikan.
Agar-agar terbuat dari rumput laut, jenis yg sering dipakai adalah Gracilaria dan Cattoni (aduh kalau namanya salah benerin ya friends)

Oleh kelompok vegetarian, agar-agar adalah alternatif yg sering dipakai untuk resep yg membutuhkan gelatin.

Di Eropa, gelatin lebih populer daripada agar-agar. Menurut informasi dari seorang produsen agar-agar hal ini disebabkan karena masalah bahan baku dan karena alasan kesehatan. Menurut ybs, agar-agar diputihkan dgn bahan kimia agar diperoleh bubuk yg putih bersih karena sebenarnya warna asli agar-agar adalah putih kotor.
Saya tdk tahu dgn proses pembuatan gelatin. Tetapi contoh gelatin yg paling gampang adalah pada saat kita memasak kaldu atau sup dgn bahan baku daging yg bertulang, maka biasanya cairannya akan membeku pada saat dingin. Inilah ekstrak dari tulang yg kita sebut gelatin dalam bentuk yg sederhana. [irma]

Related Article:
Gelatin Lembaran

This entry was posted in Ingredients. Bookmark the permalink.

One Response to Gelatin

  1. Sari says:

    Secara garis besar memang bisa saling menggantikan. But I am curious.. Agar2 : Gelatin = ? berapa ya perbandingannya u/ dpt mengganti agar2 (contoh: biasa pakai 2gr Agar = … Gelatin. Tku🙂

Comments are closed.