Tips Membuat Risoles

by: Fatmah Bahalwan

  • Membuat kulit risoles yg bagus adalah tipis tapi tidak robek…nah lho, jangan bingung, semua akan menjadi mudah manakala anda sering membuatnya.
  • Gunakan selalu tepung protein sedang, sehingga adonan dadar atau crepes tidak mudah robek. Sebaiknya buat adonan dari bahan dengan jumlah persis seperti resep, karena biasanya pembuat resep sudah men-test takarannya berkali-kali.
  • Susu sebagai bahan cair membuat adonan lentur dan rasa crepes yg enak dan gurih sekali. Akan tetapi bila harga jual risoles masih rendah, maka air saja pun tetap akan bisa menghasilkan adonan bagus dan crepes yg lembut. Bantuan sedikit garam adalah wajib.
  • Istirahatkan adonan crepes lk. 15 s/d 30 menit untuk memberi kesempatan telur, tepung dan bahan cair saling mengikat, dengan begini crepes akan bagus sekali hasilnya.
  • Letakkan crepes melebar diatas meja atau talenan datar, beri bahan isi dibagian tengah agak sedikit keatas. Lipat seperti amplop, sedemikian rupa sehingga bahan isi tertutup rapat. Celupkan pada telur yg sudah dikocok lepas, langsung gulingkan pada tepung panir. Simpan dalam lemari pendingin (kulkas) selama lk. 3 jam, risoles siap digoreng.
  • Menggoreng risoles jumlah banyak bisa menggunakan 2 wajan, satu wajan dipakai menggoreng, dan bila minyak sudah terlalu banyak mengandung rontokan panir, pindahkan minyak goreng kedalam wajan ‘waiting list’ sambil disaring. Buang rontokan panir, proses menggoreng bisa tetap berlangsung sementara wajan pertama dicuci untuk siap dipakai lagi sebagaimana proses pertama pertama.
  • Selalu gunakan bahan-bahan kwalitas bagus untuk mendapatkan hasil yang sempurna.(fb)

Related Article:
Tips Sukses Menggoreng Risoles/Kroket by mbak Ine DW

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.