Mengukus Cake

Updated by: Riana
Summarized by: Yeni Suryasusanti

Ena Lubis (jasmine_cooking at yahoo.com) :

  1. Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.
  2. Lapisi tutup dandang dengan serbet, meskipun dandangnya sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air berlebih.
  3. Ketika loyang dimasukkan ke dandang/kukusan, gunakan api sedang. Api besar ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir dari cake kukus lhooo. Yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetep mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak.
  4. Lapisi loyang dengan kertas roti atau parchment paper.
  5. Khusus untuk bolkus dan muffin, gunakan api besar.
  6. Jika mengukus cake dengan cara berlapis, tiap lapisan cukup dikukus selama 5 s/d 10 menit sebelum memasukkan lapisan berikutnya. Setelah adonan habis, selesaikan dengan mengukusnya selama 15 s/d 20 menit.
  7. Sedangkan jika seluruh adonan dikukus sekaligus, 40 menit adalah waktu yang cukup untuk mengukusnya.
  8. Brokus yang udah matang, sebaiknya lsg dikeluarkan dari kukusan, diamkan sebentar, lalu segera dikeluarkan dari loyang… kalo kelamaan dikukusan, meskipun di kukusan udah dibuka tutupnya, bagian bawah akan basah ga karuan… :(( stl dikeluarkan dari loyang, diamkan juga dalam keadaan terbalik.. jadi bagian bawahnya biar agak adem dulu, baru deh dibalik lage.. tapiiii… kertas roti jgn dilepas dulu sebelum benar2 dingin.. terutama kertas roti yang nempel di pinggir kue.. biar ga jadi rusak kuenya yaaa…
  9. Kalo menyimpan, cake/kue kukus bisa disimpan di kulkas.. dan jika ingin menyantapnya, cukup dikukus lagi selama 5 – 10 menit.
  10. Kalau mau membuat kue kukus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan.. penambahan dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan.. jika merasa tidak nyaman karena panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan…

Mbak Ine (inedw at indo.net.id) :
Mengaduk adonannya dan mentega lelehnya harus rata, karena kalau tidak rata juga bisa menyebabkan permukaan brownies bergelombang…

Dewi Anwar (dewi at trubagroup.com) :
Kalo aku perhatiin, berkali2 aku bikin brokus pake resepnya mbak fat dng teknik yg beda yaitu tepung, dll gak dicampur sekaligus di telor, tapi spt bikin sponge cake biasa, telor + gula dikocok, pas udah ngembang baru di masukin bahan2 lain…hasilnya gak pernah bergelombang.

Tapi kemarin 2x bikin (maskute biar cepet) aku bikin sesue resep, semua bahan dikocok bareng…dan dst…hasilnya emang bergelombang, walopun api udah stabil.

Jadi kesimpulan aku sih ada di cara mengocok adonannya…coba deh cara biasa…emang hasilnya lebih lembut kalo dikocok semua barengan…

[Summarized by: Yeni Suryasusanti]

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.

3 Responses to Mengukus Cake

  1. Ranie says:

    ih sedih banget, tempo hari tuh ada pesenan bolkus 2 kali bikin 2 kali pula gagal, tau tuh apanya yang salah hik…
    bagian bawah-tengahnya engga mau kering alias ga matang, sedangkan bagian tepi dan atas sampai setengahnya normal-normal aja, napa yaaa????

  2. Ary A says:

    Mbak Ranie yth,
    Bagian bawah belum mateng bisa terjadi karena :
    1. Api kompor kudu besar (kalo brokus mah pake api sedang).
    2. Jangan sekali-kali membuka tutup dandang setelah loyang masuk.
    3. Taati waktu yang dibutuhkan untuk mengukus bolkus, biasanya antara 30 – 40 menit (tergantung petunjuk resep)
    4. Dandang kudu cukup panas & uap, caranya pada saat mo ngocok adonan, dandang langsung ditongkrongin di kompor yg udah dinyalain. Ojok lali kasi serbet di tutup dandangnya yo?

    Dicoba lagi dech mbak. Jangan patah semangat, pengalaman itu guru yang berharga lho!

  3. Dhani R Satyadharma says:

    Aku mo share nih untuk bolkusnya M’Fat yg udah aku praktekin step by step sesuai resep yang tercantum (maklum baru pertama buat bolkus :)Wow, ternyata hasil bagian atasnya bergelombang, cantik ya…rasanya uenaak buanget, lembuut, tapi….kenapa bagian tengahnya, dibawah lapisan cream cheese koq coklatnya masih meleleh ya… sementara bagian yang lain sudah padat.Mungkin aku kurang lama ngukusnya ya ? Boleh minta saran ?

Comments are closed.