Diskusi Milis: Mengolah Daun Pepaya

Summarized by Yeni ‘Hoki’

Pertanyaan berawal dari Mbak Ine (ine at intraco.co.id) yang terkenal dengan kebaikan hatinya dan file resep masakannya yang melebihi perpustakaan itu (sampe femina jadul masih ada lho! heheheh…) tapi kalo bikin Sayur Daun Pepaya katanya pahiiittttttt……
Gimana ya cara mengolah daun pepaya supaya enak dimakan???

Berikut jawaban dari NCCers :

Rurry (rurry at cbn.net.id) :
“klw aku sih daun pepaya ya….cuma dicuci bersih, terus dicuci juga pake air garem (biar agak lemes dikit daunnya). Terus masaknya 2x.
masak yang pertama airnya buang, ya..itu salah satu cara juga untuk ngilangin paitnya!😉 dah gitu rebus lagi deh bentar.”

Fatmah Bahalwan (naturalcatering at cbn.net.id) :
“Rebus daun pepaya bareng dengan daun jambu mete”

Nia (kania at fti.itb.ac.id) :
“tadi malem aku telp2an sm ibuku, ktnya kalo emang gak ada daun jambu mete, bisa juga pake daun jambu biji buat ngilangin pahitnya daun pepaya ini, rebus aja daun pepaya sm daun jambu batu, ntar kalo udah empuk dan mo diolah, daun jambu batunya diambilin/dibuangin aja, gitu katanya…….”

Resti Vurwarin (restiv at gmail.com) :
“daun pepaya kalo aku ngikutin cara ibuku masak, direbus dulu sambil air rebusannya ditambahin sedikit baking soda dan garam. hasilnya, daun lebih cepat empuk dan tetap hijau. setelah itu, siap deh dimasak macem2…”

Farida (likadila at yahoo.com) :
“Tekokak fungsinya buat menghilangkan bau langu pada daun singkong.
Jadi kalau masak daun2an (seperti singkong dan pepaya) biasanyakan ada yg direbus dulu, terus airnya dibuang, baru dimasak lagi (tumis atau yang lainnya), kalau pake tekokak nggak perlu dibuang dulu air rebusannya.
Rebus daun singkong+buah pepaya muda+daun pepaya+bunganya, langsung dikasih potongan tekokak (air rebusannya dikit aja). Dijadiin lalap, pake sambal tuktuk.”

Vita (vita_athome at yahoo.com) :
Rebus daun pepaya bareng lempung wonosobo

Akhirnya, Mbak Ine sudah mencoba menaklukkan daun pepaya dan ini ceritanya :
“Semalam, pulang kerja mampir pasar, belanja antara lain 2 ikat daun pepaya dan seikat daun singkong.
Trus seperti saran teman2, di remasi garam biar lemas dulu, di rebus bareng daun singkong sedikit, dikasi baking powder dan daun jambu klutuk (hehehe…gak ketemu jambu mede siiih ) ganti air perebusnya. Trus di sisihkan bersama bumbu2 yang udah disiapkan. Bener lho, ijonya cantik.

Pagi ini, sambil ngerjain pesenan, nyiapin Martabak mini bekal anak sekolah, kutumis daun pepaya. Ada daging sisa isi martabak mini sangunya anak2, aku cemplungi sekalian, padahal itu daging rasa kari🙂. Nggak ada teri, tapi di kasi ebi di uleg. tambah segenggam kemangi. Hasilnya….kaya rasa, ada pahit, pedas, asin, harum kemangi, ebi dan daging bumbu kari🙂

Informasi terakhir, Mbak Ine dibawain oleh2 dari Vita yaitu si “Lempung Wonosobo” yang katanya memang sakti mandraguna dalam menaklukkan pahitnya pepaya… hehehehe… [Summarized by Yeni Suryasusanti]

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.

2 Responses to Diskusi Milis: Mengolah Daun Pepaya

  1. Tino says:

    Buat para penggemar coklat, telah dibuka cafe khusus coklat di Pondok Indah Mal 2, lt 1, di jembatan skywalk selatan. Namanya Death By Chocolate cafe. Gilee!!!! Menunya bikin nafsu aja. Minumannya, terutama yg chocolate mint pas benar. Kita coba makan latin lover dan chocolate ecstassy, bikin pingin terus. Coklat memang bikin ketagihan.

  2. Nining says:

    Assalmu’alaikum wr.wb.Saya baru log in jadi anggota yang ke 1318. Dari pengamatan saya, ini milis yang oke punya dan saya seneng banget boleh gabung disini.
    Mbak Fat, kalau boleh saya sebut begitu. Saya pernah bikin cake tape. tapi kenapa tapenya malah misah ke bawah. Padahal saya maunya menyatu ama adonan. Tapenya waktu itu manis dan lembek, dimikser setelah gula, telur dan mentega naik bagus, sebelum dicampur terigu. salahnya dimana ya? tq mbak Fat yang di foto miriiip banget ama Astri Ivo.

    Wa’alaikoumsalam wr wb,
    Halo Nining,
    Tape cenderung mengendap karena lebih berat dibanding adonan mentega. Menghindarinya mudah saja, begitu tape tercampur halus dengan adonan, lakukan pekerjaan lain sesegera mungkin, lalu oven dalam keadaan oven sudah panas, sehingga tape langsung homogen dan tetap dalam posisi saat adonan jadi. Maksudnya, tape blom sempat mengendap sudah keburu ketemu panas oven, shg dia tetap menyatu dengan adonan.

    Selalu gunakan tape yg baru dan sebisa mungkin bukan tape dari kulkas. Bila terpaksa tape kulkas yg dipake, biarkan disuhu ruang dulu yaa…..tapi bila tapenya sudah berair, sebaiknya tidak digunakan (dibuat tape goreng saja…hehehehe…)

    Salam manis
    fb

Comments are closed.