Macam-macam Gula (1)

By: Rina Rinso

Sharing informasi tentang gula. Masih banyak yg kurang dan salah, jadi mohon ditambah dan dibetulkan.

Gula putih atau granulated sugar:
berasal dari tebu atau bit, gula ini yg sering dipakai sehari-hari

Gula kastor atau castor atau caster sugar:
gula yg butirannya halus sehingga lebih mudah larut, kalau tidak punya gula ini (biasanya merek Gulaku yg bungkus hijau) bisa buat sendiri dengan cara memblender gula putih.

Gula kristal:
ukuran setiap butir gula kristal bisa mencapai 4 kali ukuran butir gula putih biasa (jadi lebih besar dan kasar daripada gula putih biasa).

Brown sugar:
campuran antara gula putih dengan molase, makin gelap warna gula makin kuat rasa molase. Brown sugar bisa diganti dengan gula putih biasa dengan ukuran yg sama, atau campuran gula putih dengan gula palem/gula jawa dengan perbandingan 1:1, tetapi aromanya tidak akan sama.
(Source: Fabulous Foods & Sedap Sekejap)

Gula palem:
berasal dari nira palem, di toko dikenal juga dengan palm suiker

Gula icing:
gula yg sudah dihaluskan dan ditambah dengan bahan anti penggumpal. Biasanya digunakan untuk menghias. Karena sudah mengandung bahan anti gumpal, gula icing ini sebaiknya jangan digunakan untuk mengganti gula biasa atau gula kastor.

Gula Donat:
adalah gula icing yang sudah ditambahi perasa dingin atau mint. Rasanya dingin dan lumer di lidah, bentuknya seperti gula halus tetapi tidak menggumpal. Gula ini banyak digunakan untuk melapisi permukaan donat atau kue kering. Banyak dijual di TBK.

Lebih lengkap lagi (berupa gambar dan keterangan) bisa didapat di The Cook’s Thesaurus. Di website ini dibahas lengkap, misalnya 1 cup gula dark brown bisa diganti dengan 1 cup gula putih + 2 sdm molases. [Rina Rinso]

Related Articles: Macam-macam Gula (2)

This entry was posted in Ingredients. Bookmark the permalink.