Bunga Lawang/Pekak/Star Anise

By: Ena

Pekak, Illicium verum, disebut juga Bunga lawang (Malay, Indonesian), Star anise (English), Sternanis (German), Anice stellato (Italian), Anis estrillado, badian (Spanish).

Merupakan sejenis rempah yang dapat memberi rasa dan aroma tajam yang khas pada makanan. Bentuknya seperti bintang bersudut delapan dengan ujung berisi biji pipih. Bunga berwarna kecokelatan dan keras ini bagian tengahnya berisi biji berwarna cokelat dan mengilap yang beraroma harum, mirip adas. Dijual dalam bentuk utuh dan bubuk. Rempah ini sering dipakai dalam hidangan Cina terutama daging sapi dan unggas.

Bumbu ini juga digunakan sebagai campuran dalam pembuatan bumbu ngo-hiang bersama merica szechuan, kayu manis, adas dan cengkih. Supaya aromanya tetap awet, simpan dalam wadah kering bertutup rapat.

Note:
Orang Gayo menyebut Cengkeh dengan Bungeu lawang dan orang Bali menyebut Cengkeh dengan Wunga Lawang. Jadi, perhatikan saat menyebut bunga lawang ini. Tidak semua daerah di Indonesia menyebutnya dengan sebutan BUNGA LAWANG. [Ena]

Disadur dari:
Sahabat Nestle, Hanya Wanita, IPTEKnet dan Ani Eka Dayanti.

This entry was posted in Ingredients. Bookmark the permalink.