Diskusi Milis: Nastar, oh.. Nastar…

Nastar memang bukan kue tradisional. Tapi siapa ya yang pertama kali menjadikannya kue wajib lebaran? God bless her (or him?). Berikut ini summary rumpian Nastar di milis NCC, disummarykan oleh Yeny Suryasusanti, aliyas Ibu Hoki😀 —-red

Nastar FB
Photo by Fatmah Bahalwan

Ine (Posting : 16 May 2005 Pk. 17.06)

Menurutku bikin bentuk keranjang lebih gampang dan cepet di banding yang bulat. Kulit tinggal di tekan dengan jari di cetakan, jadilah ‘mangkok’nya. isinya tinggal di cemplungin. yang ribet bikin tali, tapi karena yang bikin mbak, ya…aku ndak ngrasa ribet. hehehe….. nastar bentuk gini lebih mantap, karena nanasnya lebih banyak di banding yang bulat.

Ine (Posting : 28 Jul 2005 Pk. 08.37)

Biasanya, bikin nastar model keranjang, karena lebih mantap isi nanasnya lebih banyak di banding model bulat.Apa lagi model bulat, lebih lama ngerjainnya.
Tapi…. model keranjang, pernik2-nya lebih banyak, harus bikin kedua tali yang menyilang segala.
Lalu, memanfaatkan cetakan kue bawang (entah ya…kue bawang itu kayak apa aku nggak tahu, cuma cetakannya dilabelin begitu), semalam cetakan ini dipakai bikin nastar gulung. Cepet sekali, dalam 2 jam, 2 resep nastar selesai di buat.

Ine (Posting : 28 Jul 2005 Pk. 12.28)

Adonan nastarnya nggak perlu di tipiskan dulu, langsung di pulung panjang dan segede jari kelingking, trus di gencet gepeng di atas cetakan itu. anak-ku tinggal ambil yang sudah di gencet, taruh isi nanas, jarinya langsung menggulung srruuut! cepet deh!
Nah, isi nanasnya di bentuk dulu. biar cepet, kusuruh pakai cookies maker yang bentuk tabung itu, kalau di tekan, lagsung keluar bentuk selang panjang, lalu di guntingi.kadang hasil potongan emang perlu di rapikan lagi. Tadinya pakai plastik segitiga, tapi berat ouiii… kalau pakai cetakan cookies, kan ceklik2 ada per-nya, gak gitu berat. Kalau dipulungi satu persatu, mana tahan!

Hilda Yanuarti (Posting : 10 Oct 2005 Pk. 09.49)

Aku buat nastar spesial dengan resep yg di posting mba fatmah..
Aku pake butter nya elle n vire, trus campur blueband, jd sepro2 (150 butter 150 margarine), tp kok jadinya rada keras ya, jadi garing gitu..
Tahun lalu aku buat nastar dgn resep yg sama tp jadinya ga gini, tp waktu itu aku pake wysman dgn komposisi banyakan butter drpd margarine..ngaruh banget ya gara2 ganti butter..:D

Resti (Posting : 10 Oct 2005 Pk. 11.40)

Soal nastar keras aku juga pernah ngalamin, terus cari2 jawaban dari internet, ternyata salah satu penyebab kerasnya nastar katanya terlalu sering kontak dengan panas tubuh kita. jadi, sebelum aku bentuk, adonan dimasukin kulkas dulu barang sebentar, ngebentuknya dialasin plastik aja. ngambil jangan pake jari tapi pake sendok.

Terus faktor lainnya, katanya sih yg bikin keras itu margarine. jadi aku perbandingan margarin dan butter adalah 1:5. Margarine nya aku pake simas aja (murah tapi wangi karena buat dijual), butter aku pake orchid. alhamdulillah, yg nyoba tester pada doyan, dan akhirnya beli. kokoh, tapi ambrol di mulut, dan orang2 suka ….
Aku dulu pernah salah, butter aku ganti pake margarin semua, hasil keras.

Linawati (Posting : 10 Oct 2005 Pk. 13.41)

Saya biasanya klo untuk polesan nastar itu anya pake kuning telur ayam kampung aja, tanpa dicampur apa pun, bisa juga dicampur dengan mentega cair, nastarnya di poles dengan kuning telur setelah mateng dari oven, keluarkan nastar, dan langsung poles dengan kuning telur yang di kocok lepas, setelah itu masukan lagi ke oven sekitar 2-5 menitan, keluarkan.
Pasti mengkilat… semoga membantu yach …

Vita (Posting : 11 Oct 2005 Pk. 11.25)

Mengenai cara ngoles nastar, minggu lalu aku sangat beruntung bisa main di pabrik kuker di Sukabumi itu. Dan karena aku diantar mamaku, yang kenalan lama si pemilik, malahan aku dapet tour de pabrik, plus dibagi ilmu dan resep. (mungkin ga enak karena aku sama mamaku kali, hihihi..)
Cara ngoles nastar dan kuker lain nya : olesan hanya pakai kuning telur saja. Caranya bukan pakai kuas, tapi pakai jari, oleskan dengan telunjuk sampai rata banget. Bila perlu oleskan 2 lapis. Makanya kue-kue kering nya bagus dan mengkilat banget (yg kemarin
abis mborong kuker ku : bener khan ??)

Kalau di pabrik itu, khusus untuk bagian oles itu satu orang, dan pekerjaan mengoles ini lebih lama daripada mbuletin nastar. Karena cantiknya kue tergantung pada olesan nya.

Lalu, cara pencetakan nastar. Ternyata ada cara mencetak nastar yg efisien, pakai plastik tipis (kantong kresek) yg dibulatkan antara genggaman telunjuk dan jempol. Masukkin nanasnya pakai gagang es krim yg panjang, langsung dibungkus lagi. hmm..agak ribet njelasinnya, tapi asli cepet banget dan nggak pecah.

Linawati (Posting : 18 Oct 2005 Pk. 16.03)

Yup Got It !, mungkin ini salah satu nya yak ?
Aku selama ini klo bikin nastar (nggak ding, belum juga sebulan bikin nastar … sebelumnya kagak pernah…), klo untuk selainya, sebelum bikin adonan kulit, selai ini aku masukin friser dulu ampe kira2 bisa di bulet2in, setelah selesai buletin selai, baru d bikin adonan kulitnya, cara ini lebih mudah waktu masukin selai ke adonan kulit, karna selainya dah bulet2 .. lebih rapi jek… hihihhihii ….

Lia (Posting : 18 Oct 2005 Pk. 15.47)

Tentang nastar retak2, pengalaman aku struktur SELAI juga pengaruh loh!
Kalo selainya kurang pekat, pas dipanggang pasti ada sebagian kandungan gulanya yang mencair dan meresap ke kulit. Hasilnya bisa bikin kulit retak2 ato rapuh.
Kalo selainya kebanyakan gula juga bisa bikin nastar mengeras.
Too bad, aku ngga terlalu doyan nastar (hoiiii… ono sing gak doyan nastar jekk…!! hehehehhh…. pastilah daku golongan minoritas disini), jadinya aku kurang interes untuk bereksperimen lebih jauh di dunia nastar.

Lia (Posting : 18 Oct 2005 Pk. 16.27)

Cara yang lebih gampang, masukin selai ke piping bag, semprot bentuk dots ke wadah apa aja & simpen di friser sampe beku. Ngga perlu membulat2kan secara manual, lebih praktis, cepet & higienis (hueee…. gayanee….).
Sambil nunggu beku bisa bikin adonan kulitnya.

Tapi kalo males mindah2in:
pulung adonan jadi bola, tusukkan piping bag isi selai, semprot secukupnya & tarik. Tinggal rapiin bekas tusukannya ajah. Praktis kan…

Fatmah Bahalwan (Posting : 7 Nov 2005 Pk. 21.46)

Awal puasa lalu PD Rossy, dengan product merek Tofieco-nya mengeluarkan product baru namanya “cookie gloss”. Fungsinya sebagai bahan Bantu olesan pada kuker, contoh untuk poles Nastar dll.

Cara pakenya tertera pada kemasan, yaitu 2 btr kuning telur ditambah 1 sdt cookie gloss, kocok lepas. Siap dipake untuk polesan. Hasilnya memang nastar lebih kinclong.

Related Articles:
Cara Mudah Bikin Nastar Gulung

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.