Sagu & Tapioka: Beda dong!

By: Lia

Banyak yang binun & salah persepsi tentang sagu & tapioka, banyak yang mengira keduanya bahan yang sama. Aku coba menjelaskan yaa….

Sagu dibuat dari bagian tengah batang pohon sagu (masuk keluarga palm), kalo tapioka dari singkong (cassava).
Secara fisik tepung sagu brasa lebih “garing” dan kesat daripada tapioka yang halus & licin.
Tepung sagu menghasilkan tektur padat kenyal, kalo tapioka kenyal tok gabisa padat.
That’s why sagu banyak dipake untuk pempek & krupuk berkualitas bagus.

Tapi kok banyak yang sukses mengganti sagu dengan tapioka dan sebaliknya saat bikin KUKER…?

Kalo untuk kue kering, BISA!!

Karena pada kue kering ngga dicampur cairan (kalopun ada bahan cairnya takarannya miniiiim banget) sehingga saat dipanaskan tidak mengalami proses perubahan tekstur. Keduanya bisa dipake dan saling menggantikan, hasilnya tetep enak & renyah.

Tapi kalo untuk pempek, TAPIOKA TIDAK BISA DIGANTI SAGU karena sagu menghasilkan struktur yang padat sementara tapioka cuma punya efek kenyal thok. Struktur padat dari sagu ini sangat diperlukan pada pempek mengingat daging ikan cenderung lembut dan lunak tidak seperti meats/sapi. Kalo nekat pake kanji untuk pempek hasilnya akan kenyal molooor…

Untuk bakso, tapioka dan sagu BISA saling menggantikan.

Untuk gorengan dengan tapioka sebagai bodi (bukan coating) misal Cireng aliyas aci goreng, GAK BISA diganti sagu. Pas masi panas seh masi oke lah hampir gaada bedanya sama2 kenyal2, tapi pas udah adem…. dijamin kerass…!

Kalo sekedar untuk coating, BISA saling menggantikan.

Hope this helps ya….!

Cheers,
Lia

This entry was posted in Ingredients. Bookmark the permalink.

2 Responses to Sagu & Tapioka: Beda dong!

  1. farida says:

    -pada bagian pempek,salah ketik kali ya judulnya? Seharusnya `tapi kalo untuk pempek, SAGU TIDAK BISA DIGANTI TAPIOKA` …bener gak nih mbak Lia ?
    -kalau utk cireng berarti harus tapioka ya?
    thanks.

  2. KENTANG says:

    tolong dong contoh merk sagu ama tapioka

Comments are closed.