Jurus Menaklukkan Coklat Putih

Coklat putih memang salah satu bahan yang sensitif terhadap ketepatan suhu leleh. Sedikit terlalu panas, dia ngambek meleleh. Rame juga diskusi tentang melelehkan coklat putih ini di milis, termasuk pembahasan dari Iwan berikut ini (yes, we do have male members😀 ).

Kalo saya mengetim white choc. agak mirip dgn cara mbak Dewi .. saya panaskan air di wadah sampai cukup hangat baru white choc. ditaruh diatasnya (api sudah dimatikan) .. biarkan sebentar lalu perlahan mulai diaduk sesekali hingga seluruhnya leleh ..

Sebaiknya jangan biarkan api tetap menyala .. krn white choc lebih sensitif terhadap suhu tinggi, berbeda dgn dark .. saya suka koq melting dark dgn api kecil tetap menyala .. Cara ini saya jiplak plak .. dari technical baker Tulip maupun Colatta.. tidak ada satupun yg berani melelehkan white choc.dgn api menyala .. tapi mereka pake cara spt mbak Lia dimana bowl atas (wadah cokelat) lebih besar .. ini memang cara yg paling benar ..

white choc memang mempunyai kadar wax berbeda dgn dark .. kalo yg Tulip agak mirip milk chocnya .. karena itu tidak bisa diperlakukan sama dgn dark choc .. dan saya selalu berusaha untuk selalu menghabiskan white choc yg ada, krn memang betul kalo sudah set/keras sulit untuk melelehkannya lagi .. kalo ga salah white ga boleh kena udara lama2 .. cmiiw .. bisa sih maksa lelehin lagi tapi hasilnya yaaa githu deehh … kalo yg dark sih gampang asal jangan masuk kulkas yaaa…

Kadang ada juga yg menambahkan mentega (ato margarine kali yaa) putih .. kalo mau boleh aja .. saya pernah pake snow white .. merek laen mungkin pusaka, croma .. asal jangan shortening yg dari hewan krn baunya bisa aneh nanti .. tapi cara ini saya ga pernah pake lagi, cuma dulu aja coba2 .. asal kita betul melelehkannya ga susah koq .. apalagi colatta white .. lbh gampang lagi

Si putih ini memang agak sedikittt lebih bandel .. kuncinya di temperatur ..

  • jangan melting dgn api menyala
  • coba celupkan jari ke dalam air .. (cara tradisional krn saya ga punya thermo) nanti kita akan tau seberapa hangat air yg diperlukan
  • biarkan cokelat dalam wadah (jgn langsung diaduk) .. kalo udah ada yg cair baru diaduk perlahan

By: Iwan, posted on NCC mailing list

This entry was posted in Techniques, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.