Klinik Dapur: Kue Sus

Beberapa jawaban untuk Shelly, yang kue susnya gagal, margarine-nya misah dari adonan, adonannya bergerindil dan encer.

Mbak Fatmah:
Shelly,
Ikut prihatin dengan kue sus yg kamu bikin yaa….. tapi aku sarankan coba kamu bikin lagi, masak air, mentega dan gula berbarengan, hingga mendidih dan semua mentega cair… lalu tuang semua tepung sekaligus dengan cukup mengecilkan api saja, aduk terus hingga adonan kalis, dan tercampur rata. Kalau belum kalis tetap dimasak diatas api sambil aduk cepat.

Jika semua jumlah resep ditimbang dengan pas, insya Allah tidak akan terpisah mentega dan tepung, karena adonan cair yg pertama akan menjadi emulsi yg kental setelah tepung masuk.

Telur boleh saja dimasukkan sekaligus, lalu kocok pake mixer. Ingat adonan saat dikasih telur, dalam keadaan hangat ya…! Tidak perlu sampai dingin banget atau sebaliknya malah panas-panas… Gunakan selalu telur ukuran M (sedang).

Saya rasa kamu tidak salah, hanya ada yg kurang persis saja. Cobalah sekali lagi. Jangan lupa oven harus dalam keadaan panas tinggi lk. 200’C.

Percaya deh, resep sus itu sudah tepat dan mudah sekali dibuat, saya yakin kamu bisa membuatnya.

Lia:
Tenang Shel, ditinjou dulu satu-satu.

Tentang mengaduk tepung :
Aku sendiri kalo bikin sus, tepungnya dimasukin & diaduk dalam kondisi api menyala juga. Tapi begitu tepung masuk, apinya dikecilin aje.
Kamu pake panci berbahan apa, kalo bisa jangan aluminium soale lebih gampang panas. Aku pake panci stenlis. Kalo terpaksa pake aluminium ada baiknya emang apinya dimatiin.

Tentang telur :
Adonan anget mopun dah adem, aku rasa no problem. Aku pernah nyoba dua2nya, hasilnya gaada beda.
Disamping ukuran telur (mungkin) terlalu gede, bisa jadi kamu kurang sabar ngaduknya.
Kuncinya, setelah masuk sebutir telur, aduk rata dengan kuat sampe kalis dan pekat. Masukin sebutir lagi, aduk lagi dengan cara yang sama. Teruss… sampe telurnya abis. Lumayan berotot juga kalo saban hari bikin sus😀 Kalo mo gampang bisa diaduk pake mixer dibantu spatula untuk meratakan sampe ke pinggiran pancinya.

Kalo menurut kamu masih juga terlalu cair, DIEMIN DULU 15-30 menit sambil sesekali diaduk. Dengan mendiamkan adonan, protein pada tepung akan mengembang dan saling mengikat sehingga adonan pasti akan semakin kental.

Selalu berpatokan 4 butir telur = 240-250 gr biar hasilnya seragam (setuju dengan Riana, telurpun kudu ditimbang).

Tips lain, sus gak slalu dioven loh. Pernah nyobain lom Sus Goreng?

Adonannya persis sus biasa, aduk rata bersama isian sesue slera (pisang diiris dadu, kornet, smoked beef, sosis, nangka dipotong kecil2, kismis, keju dipotong dadu dll) trus goreng sesendok demi sesendok sampe golden brown, tiriskan pake kertas tisu & sajikan anget bareng teh or kopi.

Yang isian asin disajikan dengan saus sambal ato mayones, yang isian manis disajikan taburan gula donat & bubuk kayu manis. ENDANG BAMBANG GULINDANG! (nyontek lagi ‘Ri :D)

This entry was posted in Tips & Tricks. Bookmark the permalink.