Klinik Dapur: Menyiram Cake dengan Coklat Cair

Tanya:

  1. Lebih manakah hasilnya (rapinya), coklat langsung di siram cake atau diolesi BC dulu sebelum di siram coklat? Jika di alas BC dulu, apakah perlu di masukan ke freezer dulu sblm di siram coklat, kira2 berapa lama ya kalo’ di freezer dulu?
  2. Jika saya pilih yg pake dialas BC baru siram coklat, apakah coklat nantinya tidak bercampur dg BC, mengingat jarak rumah ke kantor +/- 1 jam ? apakah akan merusak hiasan kuenya (coklat & BC)?
  3. Jika saya mau pake mentega tawar utk campuran coklat leleh, kira2 berapa ya perbandingan mentega tawarnya utk DCC 250 gr?

Mohon pencerahannya, dan terima kasih banyak sebelumnya…

Dara Diekti

Jawab:

Mbak Fat:

Dear Dara,

  1. Tentu lebih rapi jika cake di poles dengan BC dulu, haluskan BC dengan palet, kemudian biarkan sebentar di kulkas (tak perlu freezer). Letakkan cake pada kawat penyangga yg ditaruh diatas baskon, lalu siram dengan coklat leleh spt dikasih tahu Ena itu. Jadi nanti lelehan coklat bakal jatuh di baskom. Bekukan, dan dengan bantuan sekop, pindahkan cake ke triplek atau alas cake. Siap dihias deh.
  2. BC tidak akan tercampur coklat, bahkan BC ini akan mempengaruhi tampilan coklat siram nantinya. Oleh sebab itu ratakan BC dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya…

Teknik siram coklat ini punya tingkat kesulitan tersendiri, jadi kerjakan dengan hati-hati yaaa…

Salam manis

fb

Ena:

  1. Coklat siram bisa disiram lsg ke atas cake atau diberi “alas” dulu.. alasnya sendiri bisa BC atau plastic icing.. kalo pake BC, pastikan BC yang cukup “kencang” (pake resep saya aja).. jgn pake BC yang siap pake… coklat bisa disiram saat coklat sudah dalam keadaan hangat.. kalo kawatir BC meleleh, bisa juga didiamkan dulu di kulkas +/- 15 menit.. jgn di freezer yaa.. stl itu baru deh disiram ama coklatnya…
  2. coklat yang udah beku, Insya Allah ga akan bercampur dengan BC.. dgn catatan, ikuti cara saya diatas…🙂
  3. Untuk 1 cake ukuran 24 cm, jumlah DCC yg dipake +/- 400 grm ditambah 50 gr butter (dan essence kalo suka)…

Saat menyiram, selalu mulai dari atas tengah cake.. sambil digoyang2 hingga coklat mengalir kesamping dan menutupi seluruh permukaan cake…

oke.. gut lak..

Ena

Riana:

Kalau mau ngeratain siraman coklat, gunakan spatula panas. Rendam si spatula dalam air panas, hapus sisa air yang menempel, sapukan ke atas coklat cair di atas kue dengan sapuan cepat (jangan sampe spatulanya keburu dingin). Saban ingin meratakan, panaskan lagi si spatula tersebut.

This entry was posted in Techniques, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.

One Response to Klinik Dapur: Menyiram Cake dengan Coklat Cair

  1. yenny says:

    mbak Ena,
    salam, orang baru, gimana sih reseo BC yang pas, tidak “ngendhal” ( meninggalkan rasa lemak di lidah)? Lalu apa itu istilah DCC? Trims banyak ya…

    Yenny

Comments are closed.