Pengaruh Revolusi Dunia Masakan

KOREA dikenal sebagai salah satu negara yang kaya kreasi kuliner. Selain sayur, jamur, dan biji-bijian, Korea juga pengonsumsi makanan laut. Ada tiga jenis makanan laut yang paling sering dikonsumsi, yaitu sarden kering, sotong kering, dan ganggang laut.

Mangkuk-mangkuk sarden selalu tersedia dalam setiap jamuan makan, bahkan ketika sarapan. Dimakan sebagai pelengkap, seperti halnya acar dan kerupuk di Indonesia. Sotong kering menjadi kudapan yang paling disukai. Sampai-sampai banyak dijual di mesin penjual otomatis.

Ganggang laut juga menjadi makanan favorit. Jenisnya beragam, masing-masing kaya nutrisi. Sup ganggang laut lazim dihidangkan pada perayaan ulang tahun dan menjadi salah satu menu yang sering diberikan pada bayi dan anak-anak.

Korea juga memiliki sup tradisional, yakni sup iga sapi dan babi.

Ada juga bulgogi atau sering disebut barbeque Korea. Irisan daging yang digunakan dibumbui dengan saus, kecap, bawang putih, gula, dan minyak wijen, sebelum akhirnya dibakar. Biasanya masyarakat Korea menggunakan daging sapi, babi, ayam, kambing, dan cumi-cumi.

Kini, bulgogi tidak hanya dihidangkan bakar, tetapi telah diadopsi menjadi burger, bahkan topping pizza.

Dilihat dari seni kuliner dan cara makan, Korea banyak dipengaruhi Jepang dan China. Penggunaan sumpit dan mangkuk kecil yang berkembang sejak dinasti Han di China (+ 200 SM – 200 M), juga menjadi tata cara makan Korea. Bedanya, sumpit Korea terbuat dari logam.

Selain China, makanan Korea juga dipengaruhi revolusi dunia masakan yang terjadi setelah 1500-an. Penaklukan Eropa atas Amerika membawa distribusi bahan makanan baru ke dunia. Untuk Korea, yang paling berpengaruh ialah cabai. Saus cabai sekarang menjadi salah satu pelengkap pokok di setiap jamuan makan. Bumbu-bumbu lain seperti bawang bombai, kecap, pasta buncis, bawang putih, jahe, wijen, mostar, cuka, wine, juga dipadukan dengan berbagai cara untuk meningkatkan cita rasa makanan Korea.

Hasilnya, makanan Korea kian bisa diterima di dunia. Di Indonesia, restoran Korea mulai tumbuh dengan cepat. (*/M-2)

Source: Media Indonesia

This entry was posted in Articles. Bookmark the permalink.