Teknik Frozen pada Coklat & Buttercream

By: Fatmah Bahalwan

Dear NCCers dan teman lain,

Pada kelas coklat beberapa waktu yang lalu, saya mendemokan bagaimana cara melelehkan coklat dengan baik, membentuk dan mengisi sehingga bisa menjadi Praline, dan coklat moulding dengan berbagai bentuk.

Teknik pembekuan ini berlaku juga untuk membuat coklat moulding yang digunakan sebagai hiasan dinding tart atau juga hiasan berdiri pada tart, cup cake, pudding gelas, tiramisu dan lain-lain.

Caranya mudah sekali, yaitu dengan melelehkan coklat pekat maupun coklat putih sebagaimana biasa, lalu tuang coklat leleh ini pada kertas roti ataupun plastic mika, buat bentuk marmer, polkadot, garis-garis, zigzag, dan lain-lain sesuai kreatifitas masing-masing….lalu bekukan di Freezer hingga kaku (lk. 5/10 menit)…..setelah beku, patah-patahkan coklat secara acak, dan siap digunakan…….bila menghendaki bentuk yg teratur, potong coklat lembaran ini dengan pisau panas (celupkan pisau pada air panas, angkat, lap, langsung gunakan untuk memotong).

Teknik pembekuan seperti ini juga bisa dilakukan pada Butter Cream, dengan cara yang sama, gunakan plastic mika, semprotkan butter krim pada permukaan plastic….bentuk sebagaimana selera, lalu bekukan dalam kulkas atau freezer hingga kaku…….keluarkan dari freezer, lalu balikkan pada cake atau cup cake, lepaskan perlahan-lahan….

Demikian juga bila ingin membentuk karakter dengan butter krim, caranya mudah, letakkan plastic mika pada gambar karakter yg dikehendaki, missal Doraemon, Dora (the explorer), Barney, Blue, Mickey Mouse, Donald Duck dan lain-lain……lalu mulailah gunakan spuit yg untuk menulis atau membuat garis (no.3/4/5)…..sablon bentuk wajah, mata, mulut, hidung dan detail gambar lainnya….bekukan sebentar, lalu timpa lagi dengan butter krim warna lain sebagai background……bekukan lagi dalam kulkas atau freezer hingga kaku….lalu balikkan pada cake atau cup cake….lepaskan pelan-pelan, jaga agar gambar tetap utuh……..akan didapat gambar karakter yang licin dan mulus…..

Bila ingin membuat mawar dari coklat yang simple, tuang coklat leleh agak tebal pada kerta roti, plastic mika, atau marmer……keruk melengkung dengan menggunakan scrapper hingga didapat kelopak mawar, buat beberapa kelopak, lalu susun pada tart sedemikian rupa hingga didapat rangkain mawar coklat yg cantik…..(fb)

Semoga bermanfaat,

Salam manis
Fatmah Bahalwan

This entry was posted in Techniques. Bookmark the permalink.

3 Responses to Teknik Frozen pada Coklat & Buttercream

  1. Fifi says:

    Ooooo gitu toch mbak …. caranya …. siiip siiip ntar coba ach …..

  2. eunike says:

    duuhhh…ceritanya kayaknya gampang tp pasti syusahhh prakteknya hiks….jd inget si edible neh🙂

  3. linda says:

    Mbak..sy kurang imajinatif🙂..kalo bisa gambarnya dong

Comments are closed.