Genoise Sponge Cake

by: Fatmah Bahalwan

Genoise Sponge Cake pada dasarnya sama dengan Sponge Cake sebagaimana biasa, yaitu membuat adonan cake yg dimulai dengan mengocok gula pasir dan telur sesuai takaran resep hingga mengembang dan kental, baru kemudian menambahkan tepung sebagai bahan penguat sehingga cake bisa berdiri kokoh dan mentega cair yg akan membuat cake menjadi lembab.

Disebut Genoise Sponge Cake hanyalah beda pada tahap pengocokan telur dan gula, yaitu setelah adonan mengembang dan naik, teruskan mengocoknya sambil wadah (mixing bowl) di tim (dicelupka pada air panas) sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan adonan yg jauh lebih ringan dibanding sponge cake biasa.

Saya sendiri tidak tahu Genoise ini apa artinya dan Bhs mana? Barangkali teman lain ada yg lebih tahu.

Teknik membuat adonan seperti diatas paling sering digunakan pada pembuatan cake sebagai bahan dasar Wedding Cake. Karena sifatnya yang ringan, geoise sponge cake ini tidak mengenyangkan, sehingga para tamu saat pesta perkawinan tidak berkeberatan untuk tetap menyantapnya meski acara pemotongan dan pembagian wedding cake selalu dilakukan saat akhir acara dimana mereka sudah makan dan kenyang.

Satu hal yg tidak disarankan adalah, men-décor jenis cake spt ini dengan rolled fondant, karena sifat cake-nya ringan dan lemas, sedangkan rolled fondant-nya relative berat, dikhawatirkan wedding cake akan meleyot keberatan…hiks……butter krim atau royal icing dianggap cukup dapat menghadirkan hiasan yang cantik dan elegant.

Demikian sedikit cerita, semoga ini cukup memberi penjelasan,

Salam manis
fatma

This entry was posted in Techniques. Bookmark the permalink.