Beda Mentega dengan Margarin

By: Riana

Oooo, ternyata beda toh, hihihi..

Mentega atau Butter terbuat dari lemak susu hewan. Di pasaran tersedia dalam merk-merk antara lain Orchid, Wysman, Elle & Vire, dsb. Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, wangi susu, mudah meleleh di suhu hangat. Warnanya kuning pucat (lebih muda dari margarin).

Sedang margarin terbuat dari lemak tumbuhan (nabati). Di pasaran tersedia dalam merk Blue Band, Simas, Palmboom, dsb. Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (tidak mudah meleleh), warnanya pun lebih kuning dari mentega.

Dalam penggunaannya sebagai bahan kue, terutama cake, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Mentega punya aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, menyebabkan tekstur kue kurang kokoh. Sedangkan margarin aromanya tidak seenak mentega, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang bagus. Sehingga umumnya orang mencampur mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1, untuk mendapatkan aroma yang enak sekaligus tekstur kue yang memuaskan.

Terus, kalo Roomboter (gimana sih nulisnya neh?) itu apa?
Roombotter berasal dari bahasa Belanda, adalah mentega juga. Tetapi di Indonesia orang biasanya mengistilahkan roomboter untuk jenis mentega dalam kaleng yang wanginya cukup kuat, seperti Wysman dan Corman. Gitu loh..

This entry was posted in Ingredients. Bookmark the permalink.

One Response to Beda Mentega dengan Margarin

  1. Efi says:

    Dear Mba Riana,

    makasih banyak postingannya tentang beda butter ama mentega, cuma saya tuh masih rada bingung, begini saya pernah coba buat brokus ala Pak Sahak dan coba beli butter di pasar cibinong terus sama tukangnya dikasih dalam bentuk ons warnanya kuning banget, agak lembek. bener ga sih ini yang dimaksud dengan butter takutnya malah dikasih roombutter yang ons2an. hasil brokus saya gatot dikarenakan adonan pertama belum matang baru keras dibagian atasnya sudah saya taburin meises dan adonan kedua di toping ama taburan keju, tapi rasanya sih udah enak banget. Menurut mba bener ga ya yang saya gunakan itu butter atau bukan. Semalem sempat hunting butter di spm terus lihat butter new Zealand ada 2 macam yang salt dan unsalt, mana yang biasa kita gunakan untuk bahan kue atau keduanya punya manfaat yang berbeda. Mohon penjelasannya.

Comments are closed.